Latest News

Burung Prenjak Lumut

Prenjak lumut, merupakan burung kecil pengicau dengan bulu ekor memiliki lancur atau bulu yg lebih panjang dari bulu ekor lainnya. Prenjak lancur biasa di tempat lain ada yg memberi nama Cinenen pisang dan Prenjak lumut.
Burung ini merupakan burung pengicau dari suku Sylviidae, merupakan burung yg menyukai menjahit serat dedaunan untuk dijadikan sebagai sarangnya sehingga diberi nama dalam bahasa Inggrisnya Common Tailordbird.
 merupakan burung kecil pengicau dengan bulu ekor memiliki lancur atau bulu yg lebih pan Burung prenjak lumut
Prenjak lumut/lancur dengan lancur pada ekornya
Memiliki badan yg kecil dan ramping dengan panjang dari ekor sampai ujung paruh sekitar 10cm, dengan warna bulu mayoritas warna hijau lumut dari punggung sampai ekornya. Bagian kepala burung Prenjak lancur berwarna merah menyerupai warna merah karat, sedangkan warna penggalan tengkuknya erwarna keabu-abuan.

Prenjak lumut, Prenjak lancur atau Cinenen pisang biasanya hidup di perkarangan dan perkebunan, tempat pinggiran hutan dan tempat hutan terbuka lainnya. Bergerak lincah dari satu dahan ke dahan lainnya untuk mencari makan serangga berupa serangga kecil-kecil, laba-laba dan ulat-ulat kecil dari dedaunan.

Prenjak lumut biasanya bersarang di pepohonan rendah dengan trik membuat sarang dari daun-daunan yg disambung atau dianyam menjadi lingkaran kecil untuk bersarang dan bertelur. Karenanya burung ini disebut dalam bahasa Inggris menjadi tailorbird, karna kegemarannya membuat sarang dengan trik merangkai dedaunan untu dijadikan sangkarnya.

Cinenen pisang memang bukan merupakan burung favorit kicau mania, sebab bunyi kicaunya terkesan monoton dan ada juga yg menyatakan bahwa burung ini termasuk burung yg rentan mati dan sulit dipelihara apalagi Jika mendapati burung bakalan tangkapan hutan biasanya hanya bisa bertahan beberapa hari saja di dalam sangkar.

Dalam kesehariannya, Cinenen pisang atau Prenjak lumut memiliki kicauan cuit..cuit...cuit atau te-cie..te-cie...te-ciee...atau cwi..cwi..cwi..

Penjual-penjual burung di lapak burung atau kios burung biasanya menjual Prenjak lancur bakalan dijual dengan harga sekitar Rp. 15.000,- s/d Rp. 20.000,- sedangkan harga Prenjak lumut yg sudah jadi dan makan voer dijual dengan harga Rp. 75.000,- s/d Rp. 150.000,- tergantung kualitas burungnya.

0 Response to "Burung Prenjak Lumut"

Total Pageviews