Latest News

Cara Mengatasi Lovebird Dada Nyilet Alasannya Yakni Kurang Gizi

 Salah satu penyebab dada nyilet lovebird ialah kurangnya asupan gizi pada burung Cara Mengatasi Lovebird Dada Nyilet Karena Kurang Gizi

Salah satu penyebab dada nyilet lovebird ialah kurangnya asupan gizi pada burung, Mungkin Anda protes, "Baiklah, saya sudah memberinya masakan bergizi Mengapa dadanya agak nyilet?". Mungkin Anda sudah menyediakan masakan bergizi, tapi apa dampaknya kalau burung tidak mau memakannya, atau mau makan tapi dalam jumlah kecil? Jadi, faktor nafsu makan burung juga penting diperhatikan

1. Perhatikan nafsu makan burung
Perubahan mendadak pada jenis masakan ke lovebird sanggup menimbulkan duduk masalah bagi pemilik atau peternak, lantaran burung tersebut akan kehilangan nafsu makannya. Meski niatnya untuk mengubah diet ialah untuk meningkatkan kualitas nutrisi, segala sesuatunya harus dilakukan secara bertahap. Tidak diperbolehkan mengubah jenis pakan secara tiba-tiba.

Misalnya, Anda ingin mengganti merek biji bunga matahari menjadi merek B yang dianggap lebih baik, maka penggantinya harus dilakukan secara bertahap. Pada ahad I, misalnya, memberi merek 75% merek A + 25% B. Di ahad kedua, berikan 50% A + 50% B. Minggu depan, 25% A + 75%, hingga kesudahannya di ahad IV sanggup jadi diberi 100% merek B.

Begitu pula ketika Anda ingin mengenalkan jenis buah atau sayuran yang belum pernah diberikan kepada sang Lovebird. Pemberian tetap harus dilakukan sedikit demi sedikit. Karena lovebird termasuk burung arif dan mempunyai preferensi (preferences) terhadap jenis pakan tertentu. Jika ia sudah menikmati jenis pakan tertentu (meski dengan kualitas gizi rendah), penggantian pakan secara tiba-tiba akan membuatnya kaget dan malas makan.

Penurunan nafsu makan pada lovebird juga sanggup disebabkan oleh faktor lain, dan ini perlu diperhatikan juga. Misalnya paruhnya atau pengecap burung yang terluka, ada celah di tulang pipi, nanah pada akses pernafasan dan / atau pencernaan, dan seterusnya.

2. Burung kekurangan gizi
Jika nafsu makan baik, tapi pakan yang diberikan kurang bergizi, burung pada kesudahannya juga akan kurus. Jika kondisi menyerupai ini dibiarkan berlarut-larut dalam waktu lama, pastilah dada lovebird akan menonjol.

Jika Anda belum tahu jenis masakan bergizi untuk Lovebird, silahkan cari tumpuan dari aneka macam sumber, untuk kebutuhan nutrisi inti biasanya sudah terpenuhi melalui pakan biji-bijian dan beberapa sayuran. Tapi untuk kecukupan vitamin dan mineral, tidak sanggup hanya mengandalkan materi pakan, jadi perlu didukung dari luar.

Solusi terbaik ialah tidak lain dengan memberi multivitamin secara rutin (misalnya BirdVit, 2-3 kali seminggu) dan multimineral (BirdMineral, 1-2 kali seminggu) pada Lovebird Anda.

3. Burung bersaing untuk mendapat pakan
Ini hanya berlaku untuk sejoli yang disimpan di dalam satu sangkar koloni, untuk mendeteksinya, cobalah mengamati sikap dukungan makan burung di sangkar koloni. Jika ada burung yang selalu terganggu oleh burung lain (biasanya dialami burung kecil), segera pisahkan dan dipelihara di sangkar terpisah. Lebih disarankan memelihara burung dengan ukuran dan / atau umur yang sama, untuk menghindari persaingan dalam mendapat makanan.

4. Porsi pakan terlalu kecil
Kasus ini jarang terjadi, tapi perlu diungkap sehingga teman kicaumania yang belum tahu smenjadi tahu. Lovebird remaja mengkonsumsi rata-rata 45-60 gram pakan. Jumlah ini perlu dibagi untuk jenis pakan yang diberikan. Misalnya, 75 - 80% pakan utama (butiran), sisanya (20 - 25%) sayuran dan buah-buahan.

Pakan biji masih disortir menurut jenisnya, contohnya 45% millet, 30% bibit kenari, 15% biji bunga matahari (kwaci), gandum 5% (gandum), rami 3% dan biji niger 2%. Persentase masing-masing butir tidak dihitung dari total pakan, namun total pakan gandum ialah 75 - 80% dari total pakan.

Dengan demikian, masakan pelengkap (EF) dalam bentuk buah dan sayuran (misalnya kangkung, brokoli, sawi, jagung muda, taoge, dan wortel) mempunyai porsi 20-25% dari total pakan. Anda sanggup mengaplikasikan sistem rotasi sayuran / buah yang diberikan, tapi sanggup juga mencampur beberapa jenis sayuran dan buah dalam satu wadah.

Menu EF model adonan ini sanggup membantu Anda dalam mengamati jenis lovebird umpan yang disukai, lantaran akan mengatakan sayuran dan buah mana yang habis, dan mana yang tersisa. Hal ini sanggup diamati dalam beberapa hari, sehingga Anda sanggup menciptakan kesimpulan Anda sendiri perihal EF pilihan. Dengan bermacam-macam jenis pakan, nafsu makan burung juga akan terpelihara dengan baik.

0 Response to "Cara Mengatasi Lovebird Dada Nyilet Alasannya Yakni Kurang Gizi"

Total Pageviews