Latest News

Cara Mengatasi Lovebird Dada Nyilet Alasannya Keracunan Logam Berat

 Ada beberapa jenis racun logam berat yang mempengaruhi burung Cara Mengatasi Lovebird Dada Nyilet Karena Keracunan Logam Berat

Ada beberapa jenis racun logam berat yang mempengaruhi burung, namun yang paling umum yaitu keracunan seng, timbal dan tembaga. Gagasan seng disini bukan materi untuk menciptakan panci atau selokan. Zinc (Zn) yaitu unsur kimia yang sering dipakai sebagai lapisan stainless pada batang sangkar besi. Keracunan biasanya terjadi bila zat stainless ini telah teroksidasi sebelum digunakan. Bila materi stainless teroksidasi melekat pada besi, kemudian mengering, kemudian lovebird sering menusuk remah dan bahkan menelannya, maka itu akan menjadi racun bagi burung tersebut.

Begitu pula dengan timah, yang sering dipakai untuk wire brazing (bahan solder) jikalau dinding sangkar terbuat dari kawat, proses penghubung memakai timah, maka perlu diwaspadai kemungkinan keracunan tersebut. Sementara keracunan tembaga sangat langka. Bahan ini terkandung dalam kabel listrik, terutama di bab dalam, yang merupakan logam oranye-kuning.

Namun, perlu diingat, tidak semua burung di sangkar gres akan menjadi keracunan logam berat. Perilaku bacokan batang sangkar hanya akan muncul bila burung kekurangan mineral. Hal ini biasanya lebih terlihat pada kekasih perempuan. Setelah mencicipi kekurangan mineral, wanita lovebird sering akan mematuk batang besi atau dinding kawat, kemudian menelan remah-remahnya.

Di sinilah gangguan kesehatan yang mengarah ke dada nyilet akan dimulai. Lovebird keracunan logam berat akan mengatakan beberapa tanda-tanda berikut:
1. Burung selalu merasa haus, sehingga konsumsi air meningkat dengan cepat.
2. Burung sering muntah.
3. Burung tiba-tiba tertekan.
4. Burung mulai malas makan, bahkan mungkin tidak mau makan.
5. Kotoran berwarna hijau tua, tidak hijau menyerupai biasanya.

Apa yang harus dilakukan apabila Burung keracunan logam berat???
Bagi peternak besar, disarankan membawa lovebird Anda ke dokter binatang terdekat untuk mengetahui seberapa parah tingkat keracunan yang dialami burung. Jika kondisi lovebird keracunan tidak begitu parah, Anda dapat membantunya dengan memberi minum air kelapa muda. Jika burung tidak dapat minum sendiri, air kelapa muda dapat diberi makan dengan sendok.

Dalam perkara keracunan yang menimbulkan burung malas atau berhenti makan, mau tak mau Anda harus memberi mereka makan dengan cara membagi-bagikannya. Makanan (termasuk buah) perlu dilunakkan terlebih dahulu dalam bentuk adonan. Yang tak kalah pentingnya yaitu penyediaan BirdBlown, untuk membantu penyembuhan akses pencernaan burung, sehingga sisa sari masakan yang terpapar toksin dan belum tersaring oleh ginjal dapat dinetralkan terlebih dahulu. Lakukan perawatan ini selama 7 hari berturut-turut, hingga nafsu makan burung pulih.

Pengobatan yang terlambat pastinya akan menciptakan burung kehilangan berat badan, alasannya burung sudah mulai jarang makan. Jika masih belum segera diobati, maka efeknya mengarah ke dada nyilet, dan menimbulkan kematian.

Bagaimana cara mencegah keracunan logam berat???
Begitu Anda membeli sangkar baru, terbuat dari logam atau plastik, gosokkan kawat atau kisi-kisi dengan kain yang dicelupkan ke dalam larutan cuka. Ini akan mempercepat proses oksidasi dan dapat menghilangkan materi beracun dari seng, timah, atau tembaga. Jika Anda menyimpan lovebird di sangkar besi atau plastik, pastikan kebutuhan mineral untuk burung cukup, sehingga burung tidak lagi mencelupkan lapisan cat dan memakannya. Anda dapat memakai BirdMineral yang menjamin kecukupan mineral untuk burung Anda. Produk ini dapat diberikan 1-2 kali seminggu.

0 Response to "Cara Mengatasi Lovebird Dada Nyilet Alasannya Keracunan Logam Berat"

Total Pageviews