Latest News

Penyebab Lovebird Sering Mencabuti Bulu

 Perilaku mencabut bulu sanggup ditemukan pada semua jenis burung Penyebab Lovebird Sering Mencabuti Bulu

Perilaku mencabut bulu sanggup ditemukan pada semua jenis burung, hanya saja perkara ini sering ditemukan pada jenis burung beo, termasuk lovebird. Umumnya hal ini berkaitan dengan kondisi fisik dan mental burung. Untuk memeriksanya, mari kita lihat pada delapan penyebab lovebird sering mencabut bulunya. Lovebird yang selalu mencabut bulunya sendiri, Jika diteliti lebih jauh ternyata lovebird termasuk jenis burung yang paling sering mengalami problem ini.

Setelah mengumpulkan beberapa isu terkait, setidaknya ada delapan penyebab Lovebird yang sering mencabut bulunya, yaitu:

1. Iritasi pada kulit
Iritasi kulit burung sanggup menimbulkan gatal berlebihan di sekitar bulu. Kondisinya akan menciptakan lovebird melaksanakan apapun yang sanggup membuatnya lebih nyaman, mulai dari gigitan, tarik, sampai menarik keluar bulu itu sendiri. Biasanya iritasi kulit disebabkan oleh benjol benalu (misalnya kutu dan tungau), serta basil dan jamur.

2. Iritasi akhir hamparan asap
Iritasi kulit juga sanggup terjadi lantaran burung sering terkena asap. Sumber asap sanggup berasal dari asap rokok, memasak, aben sampah dan knalpot kendaraan bermotor. Penyegar udara yang mengandung alkohol juga sanggup menimbulkan iritasi pada kulit burung. Iritasi akan menciptakan kulit terasa gatal, sehingga burung akan mengatasinya dengan menarik atau mencabut bulunya.

3. Alergi
Lovebird sangat rentan terhadap alergi, terutama kalau kandangnya terlalu lembab atau selalu digantung di daerah yang lembab. Dalam kondisi lembab, jamur akan muncul pada pakan sehari-hari ibarat biji-bijian dan sayuran. Akibatnya, kalau pakan dikonsumsi oleh burung, akan memperlihatkan reaksi alergi yang ditandai dengan ketidaknyamanan dan gatal pada kulit atau bulu.

4. Keracunan logam
Keracunan logam yang dialami oleh lovebird sering dikaitkan dengan sikap mengunyah batang sangkar besi. Kebiasaan lovebird mengunyah sangkar yang terbuat dari logam, seng, tembaga, dan timbal juga sanggup menimbulkan burung sering mencabut bulu.

5. Masalah hormonal
Masalah hormonal ibarat hipertiroidisme (peningkatan kelenjar tiroid) dan penyakit addison juga sanggup menimbulkan iritasi dan gatal pada kulit, kemudian berujung pada sikap pencabutan bulu pada lovebird.

6. Kebosanan
Sebagai burung sosial, Lovebird membutuhkan pasangan atau teman bermain dan bersosialisasi. Lovebird yang tinggal sendiri sering mengalami kebosanan. Hal ini sanggup memicu sikap merugikan diri sendiri, ibarat mencabut bulu. Untuk mengatasinya, diharapkan beberapa tindakan ibarat memperkaya isi sangkar dengan banyak sekali mainan, atau menambah variasi pakan. Yang terbaik tentu saja memberinya teman bermain atau pasangan.

7. Lingkungan ramai dan ribut
Meskipun lovebird termasuk burung sosial dan tinggal menjajah, sangkar yang terlalu padat sanggup menjadikan sikap jelek ini. Selain itu, lingkungan sekitar yang terlalu ramai / bising juga sanggup menjadikan kecemasan pada Lovebird. Akibatnya, burung itu akan melukai dirinya sendiri dengan mencabut bulu-bulunya.

8. Melakukan Penetasan
Di luar tujuh penyebab ini, Lovebird (terutama perempuan) juga sering mencabut bulu mereka sebelum bertelur. Hal ini sanggup disebabkan oleh tidak adanya atau tidak adanya materi daerah sarang, atau mungkin karena  lovebird kekurangan mineral kalsium (Ca) dan fosfor (P).

Karena itu, bagi peternak silahkan cek kondisi kandangnya. Jika materi sarang cukup, ada kemungkinan defisiensi mineral. Solusi tercepat ialah segera memperlihatkan multimineral lengkap ibarat BirdMineral.

0 Response to "Penyebab Lovebird Sering Mencabuti Bulu"

Total Pageviews