Latest News

5 Cara Jitu Mengenali Dan Mengembalikan Bunyi Lovebird Yang Macet Bunyi


Selain simpel dirawat dan simpel jinak, lovebird banyak digemari lantaran bunyi ngekeknya yang nyaring. Karena ngekeknya itulah, lovebird kerap dijadilan salah satu burung master, untuk memberi pengaruh tembakan. Lovebird saat ini juga menjadi primadona dalam banyak sekali lomba burung kicauan (selain murai batu). 

Tetapi sebagaimana jenis burung kicauan yang lain, lovebird pun dapat mengalami macet bunyi. Hal ini dapat menciptakan bingung pemiliknya. Untuk mengatasinya, tentu harus diketahui dulu penyebab lovebird macet bunyi.
Merawat lovebird semoga tetap aktif dan rajin bunyi tidak cukup hanya melalui pinjaman pakan harian saja, namun harus disertai dengan bentuk perawatan lainnya, termasuk memahami impian si burung. Dengan begitu, burung akan terhindar dari stres, ngedrop, bahkan macet bunyi.
Mengenali beberapa penyebab lovebird macet bunyi dan cara mengatasinya.
1. Perawatan yang kurang tepat
Jika lovebird semula rajin mengeluarkan bunyi ngekeknya, kemudian mendadak jarang bunyi atau macet bunyi, umumnya dikarenakan perawatan yang kurang tepat.
Hal ini biasa dialami kicaumania yang gres saja membeli lovebird yang sudah jadi. Namun saat di rumah, lovebird dirawat dengan perawatan seadanya, alias jauh tidak sama dari rujukan perawatan di tangan pemilik sebelumnya.
Karena itulah, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui setelan pakan dan perawatan yang tepat semoga lovebird dapat tetap berada dalam kondisinya, ibarat saat masih di tangan pemilik lama.
Kalau pun Anda ingin mengubah rujukan perawatannya, hal itu harus dilakukan sedikit demi sedikit, secara bertahap, semoga burung tidak kaget dengan perubahan itu.
2. Burung terlalu gemuk
Selama ini, kegemukan atau obesitas menjadi momok yang terus menghantui para pemilik burung kicauan. Selain menciptakan burung menjadi kurang aktif dan malas bunyi, kegemukan juga memicu munculnya aneka penyakit yang dapat mengganggu penampilannya.
Lovebird bertubuh gemuk biasanya malas bergerak, lebih sering tidur, dan tentu saja malas mengeluarkan suara. Untuk mengatasi hal ini tidak cukup dengan mengurangi porsi pakan harian saja, namun juga dibutuhkan acara lain yang dapat membantu mengurangi kadar lemak dalam tubuhnya.
Selain itu, Anda perlu menyediakan sayuran berwarna hijau, serta melatih lovebird dalam kandang umbaran semoga lebih sering bergerak sehingga dapat mengurangi kegemukan.
3. Akibat mabung
Mabung ialah masa saat burung akan menyimpan energinya untuk menjalani keadaan tersebut. Karena itu, masuk akal jikalau burung menjadi jarang berkicau saat memasuki masa mabungnya.
Pada masa pergantian bulu tersebut, ada baiknya kita menyediakan pakan yang bergizi lengkap dan vitamin untuk membantunya melewati masa mabung secara sempurna.
Mengganggu lovebird yang sedang mabung dengan tetap melombakan atau terus memancingnya untuk bunyi tentu akan menghambat proses mabungnya. Masalah yang kemungkinan muncul ialah macet bunyi dalam waktu yang lama, dan pertumbuhan bulunya juga terganggu.
4. Burung sedang sakit
Jika melihat lovebird bermetamorfosis pendiam dan jarang mengeluarkan bunyi ocehannya, maka perlu dilakukan penglihatan lebih lanjut.
Tidak ibarat jenis burung lainnya, lovebird termasuk berakal menyembunyikan keadaan / keadaan sebenarnya. Kaprikornus dibutuhkan ketelitian untuk memastikan apakah burung benar-benar dalam keadaan sakit atau lantaran hal-hal lain ibarat yang telah disebutkan di atas.
Cara paling simpel untuk mengetahui hal tersebut ialah mengamati kotoran dan tatapan matanya. Lovebird yang macet bunyi lantaran sedang sakit atau kurang fit umumnya mempunyai tatapan mata yang sayu dan berair. Selain itu, kotorannya akan terlihat encer.
Jika sudah mengetahui apa masalahnya, barulah kita dapat memperlihatkan penanganan dengan obat-obatan yang tepat.
5. Burung stres
Stres menjadi penyebab paling umum mengapa lovebird menjadi jarang berbunyi atau macet bunyi. Meski keadaan stres dapat menimpa semua jenis burung peliharaan, namun hal ini sering terjadi pada lovebird.
Beberapa penyebab stres pada lovebird antara lain kebosanan jawaban terlalu usang sendirian (tidak ada pasangan / teman), terganggu oleh pasangan atau burung lain, tidak cocok dengan sangkar dan lingkungannya (kurang nyaman dan aman), serta burung mengalami kekurangan pakan atau air minum.
Itulah beberapa penyebab lovebird macet bunyi dan cara mengatasinya. Sebenarnya, dengan melaksanakan perawatan yang konsisten, lovebird tidak akan simpel mengalami macet bunyi.

0 Response to "5 Cara Jitu Mengenali Dan Mengembalikan Bunyi Lovebird Yang Macet Bunyi"

Total Pageviews