Latest News

Induk Betinanya Murai Kerikil Muda Hutan, Anakannya Laris 4 Juta Itupun Harus Indent


Meski termasuk pemain gres di dunia breeding, namun tenyata Udi cukup berhasil menelorkan anakan murai berkualitas. Terbukti, dikala ini banyak usul dari luar kota yang menginginkan anakannya. Melihat usul yang tinggi, Udi kembali membangun sangkar gres di halaman belakang rumahnya. Sekarang, jumlah total sangkar menjadi 20.

Dari 20 sangkar yang berdiri di pekarangan rumah Udi Balung, di Jl. Mesjid Nurul Iman, Desa Pabean Udik, Indramayu, Jawa Barat, hampir 70% produksi. Materinya pasangan indukan pilihan. Materi terbaik dan jadi favorit ada pada sangkar nomor 2. Itu ialah pasangan terbaik yang dimiliki Balung BF. Jantannya burung jawara berjulukan Andalas, betina Medan muda hutan.

Kandang unggulan ini sudah menghasilkan anakan dengan kualitas merata. Hingga dikala ini sangkar Andalas sudah 16 kali produksi. Cukup hebat, rata-rata produksi sanggup keluar 3 ekor. Jadi, sangkar ini sudah menghasilkan sedikitnya 40-an anakan. Sebagian besar anakannya muncul di lapang, yang sudah menyebar di Jaboedetabek dan Jawa.

Untuk membedakan keturunan sangkar Andalas ini, sekarang setiap anakkannya diberi tanda khusus dengan ring berwarna merah.

Udi menyebutkan jikalau sangkar Andalas antriannya cukup panjang. Jika ingin mempunyai trah Andalas, konsumen harus pesan (inden) terlebih dahulu, dengan harga bookingan 4 juta rupiah. “Bahkan aku sendiri tidak kebagian, susah untuk nyimpen anakan Andalas,” ujar Udi.

“Pasangan yang lain juga indukannya bagus, alasannya masing-masing individu ialah pilihan terbaik, di antaranya dari Medan dan Kota Agung Lampung. Jantan burung kualitas lapang, sedangkan betina muda hutan,” tambah Udi, yang juga eksis di lomba, menurunkan anakan-anakan produk Balung BF sebagai ajang uji coba dan pemantapan.

BANYAK PERMINTAAN

Selain Andalas, indukan unggulan trah juara lainnya, antara lain Rencong, Hung, dan Dewa Ruci. Anakan dari kandang-kandang tersebut juga banyak diincar oleh murai watu mania, baik dalam kota maupun di luar kota. Meski harganya lebih mahal dari yang biasa, namun para penggemar pun rela antri untuk mendapatkannya.

“Kini, keistimewaan-keistimewaan tersebut menurun kepada anak-anaknya. Kualitasnya merata. Generasi Andalas banyak yang moncer di lomba,” ujar Udi, yang bersama kicaumania Indramayu bersatu siap menggelar event bergengsi bertajuk “Indramayu Remaja Tiga Cup”, di Waduk Bojongsari (Hutan Kota) Indramayu, Minggu (29/5).


BALUNG BIRD FARM

Jl. Mesjid Nurul Iman, Desa Pabean Udik Indramayu, Jawa Barat. Contact Person: Udi Balung 087829296888

0 Response to "Induk Betinanya Murai Kerikil Muda Hutan, Anakannya Laris 4 Juta Itupun Harus Indent"

Total Pageviews