Latest News

Volume Dan Durasi Sanggup Tapi Mental Jatuh Dikala Di Trek Lomba. Asuh Mentalnya Dengan 3 Cara Ini


Burung yang dilombakan umumnya mempunyai mental tarung yang baik. Apa akhirnya bila lovebird yang mempunyai bunyi panjang dan volume keras, tetapi mentalnya justru jatuh saat dibawa ke lomba. Di sinilah pentingnya kita melatih mental lovebird semoga selalu dalam keadaan siap tempur. Pelatihan mental dapat dilakukan dengan aneka macam cara, dan yang paling popular antara lain :

  1. Sering mengajak burung jalan-jalan
    Lovebird yang seing diajak jalan-jalan, baik dalam lingkungan rumah, lingkungan sekitar, atau ke latber lokal (meski tidak ikut lomba), secara pribadi dapat menumbuhkan perilaku latahnya dan nalurinya untuk berjaga diri. Dengan demikian, mentalnya mulai terasah dan tidak lagi demam panggung atau merasa kaget oleh bunyi burung lain yang kencang.
  2. Melatihnya dengan burung bermental baik
    Melatih lovebird untuk ditrek dengan burung sejenis yang mempunyai mental baik yaitu metode latihan untuk menguatkan mental bertandingnya. Lovebird akan menjadi terbiasa melihat burung lain, dan tidak mudah ngeper begitu melihat banyak lovebird di sekelilingnya.
  3. Memahami aksara dan mood burung
    Ini agak susah dijabarkan, lantaran pemilik / perawat burung tentu lebih tahu mengenai karakter, kebiasaan, dan mood burung yang ditanganinya daripada saya. Jadi, silakan dicermati saja hal-hal yang disukai dan tidak disukai lovebird Anda.

Mengoptimalkan kekuatan nafas

Kekuatan nafas sangat berkaitan dengan latihan penguatan otot-otot dadanya, semoga tarikan burung lebih tahan usang dan tidak gampang lelah. Pelatihan nafas dapat dilakukan dalam aneka macam cara. Berikut ini beberapa cara yang paling popular dalam mengoptimalkan kekuatan nafas :
  • Melatih burung dalam sangkar umbaran
    Fungsi sangkar umbaran untuk lovebird yaitu melatih nafas dan tarikan nafasnya semoga lebih panjang. Gerakan atau acara lovebird selama diumbar secara pribadi dapat memperabukan lemak yang tertimbun dalam tubuhnya, termasuk timbunan lemak yang menekan kantung udara dan kerap menciptakan tarikan nafas burung menjadi pendek dan mudah lelah. Itulah sebabnya, mengapa burung yang kegemukan sering terlihat jarang bersuara panjang dan sering malas-malasan.
    Selama dalam masa pengumbaran, burung perlu diberikan multivitamin sebagai penunjang aktivitasnya. Multivitamin bisa dilarutkan dalam air minum yang diletakan dalam sangkar umbaran.
  • Terapi mandi berair kuyup
    Penggemar lovebird yang berpengalaman di arena lomba pernah memperlihatkan bocoran lain dalam rangka mendongkrak kekuatan nafas burung. Berikan terapi mandi sampai berair kuyup bagi lovebird ! Caranya? Burung disemprot menggunakan hand sprayer, yang diatur pada semprotan halus.
  • Waktu jemur yang panjang
    setelah mandi berair kuyup, selanjutnya burung dijemur dengan porsi pengeringan yang lebih usang daripada biasanya. Yang patut dicatat di sini yaitu waktu menjemur diusahakan tidak melebihi pukul 10.00.
semoga bermanfaat

sumber www.omkicau.com

0 Response to "Volume Dan Durasi Sanggup Tapi Mental Jatuh Dikala Di Trek Lomba. Asuh Mentalnya Dengan 3 Cara Ini"

Total Pageviews