Latest News

Dirubah Settingnya Sesudah Mabung, Lb Ini Bisa Mengoleksi 27 Juara Dalam 4 Bulan. Simak Tipsnya


Lovebird Venna milik Mr Moxer dari 5758 Team memang tidak bisa dibandingkan dengan LB Kusumo milik Om Sigit WMP Klaten. Kusumo sudah sangat matang, bahkan menjadi lovebird terbaik nasional dikala ini, dengan banyak sekali prestasi fantastisnya dalam even-even akbar di Tanah Air. Adapun lovebird Venna masih belia, gres berumur 6 bulan.

Prestasi Venna juga gres dalam level latber atau latpres. Kendati demikian, lovebird sehebat apapun umumnya mendapatkan pengalaman awal di lapangan dengan mengikuti latber / latpres. Inilah yang menciptakan Om Moxer optimistis melihat masa depan lovebird Venna.

“Venna gres berumur enam bulan. Kendati tanpa setingan paten, Venna sudah menawarkan talenta istimewa, rajin bunyi, dengan durasi yang panjang,” ujar Om Moxer.

Tak heran kalau di usianya yang masih muda, lovebird Venna kerap menjuarai even latber dan latpres di seputaran Jogja. Setiap berlomba, Venna hampir selalu masuk peringkat atas, bahkan kerap nyeri juara pertama.

Beberapa prestasi yang belum usang ini diraihnya antara lain dalam Latber Penny Jaya SF (juara 1, 3), TKKM (1, 2), Tlogorejo BC (1 ), Modalan (1, 1, 2), Latber Bodem (2, 2, 2), dan Latpres Bodem (1, 1).

 Team memang tidak bisa dibandingkan dengan LB Kusumo milik Om Sigit WMP Klaten Dirubah settingnya sesudah mabung, LB ini bisa mengoleksi 27 juara dalam 4 bulan. Simak tipsnya


Perawatan lovebird Venna
Menurut Mr Moxer, perawatan lovebird Venna relatif mudah. Jika beliau masuk kerja siang hari, Venna bahkan tidak perlu mandi dan jemur. “Begitu pulang kerja, aku cek pakan dan air minumnya, lantas bersih-bersih sangkar, gres dimandikan,” ujarnya.
Usai mandi malam, burung dianginkan sejenak. Dalam keadaan masih setengah basah, lovebird Venna pribadi ditutup kerodong. Hal itu diterapkan pula pada lovebird-lovebird lainnya yang biasa dilombakan.
“Apabila urusan lovebird lomba kelar, barulah aku mengurusi lovebird-lovebird di sangkar ternak. Semua aku kerjakan sendiri, tetapi justru di sanalah kita bisa mendapatkan kepuasan,” tambah Om Moxer.
Pakan hariannya berupa millet putih dan canary seed. Pakan suplemen / extra fooding (EF) diberikan sehari sebelum lomba (H-1), adalah 1 batang kangkung saja.
Mulai H-1, Venna juga sudah tidak lagi dimandikan atau dijemur. Sepanjang hari full kerodong sambil diberi batang kangung tersebut.
“Tetapi pada Hari-H, Venna aku mandikan dulu sebelum berangkat ke lapangan. Usai mandi dijemur hingga seluruh bulunya kering, kemudian dianginkan dan diberi kangkung. setelah itu ditutup kerodong dan siap dibawa ke lapangan.
Sebelum digantang, biasanya Om Moxer akan menganginkan dulu lovebird Venna, sambil dipancing-pancing menggunakan video lovebird yang ada di HP hingga ngekek. Jika Venna sudah ngekek, maka Om Moxer segera mengerodongnya lagi.
setelah proses mabung pertamanya rampung, settingan lovebird Venna sedikit berubah. Perubahan hanya terjadi pada H-1, di mana burung dimandikan pada pagi hari. Sore harinya diberi 1 batang kangkung. Hanya itu saja.
Sampai dikala ini, lovebird Venna sudah menghasilkan 27 piagam hanya dalam waktu 4 bulan semenjak beliau mengenal dunia lomba burung kicauan. Dari sederet prestasi itu, 9 kali tampil sebagai juara pertama.
semoga menginspirasi
disunting dari www.omkicau.com

0 Response to "Dirubah Settingnya Sesudah Mabung, Lb Ini Bisa Mengoleksi 27 Juara Dalam 4 Bulan. Simak Tipsnya"

Total Pageviews