Latest News

5 Tips Jitu Pengaturan Pakan, Mengakibatkan Kacer Siap Beradu Lawan Dilomba


Para pemilik kacer yang suka berlomba niscaya berharap jagoannya sanggup tampil maksimal dan mempunyai mental bertarung yang baik, termasuk tidak gampang mbagong dikala dilombakan. Semua itu hanya sanggup diperoleh melalui perawatan harian dan jelang lomba secara sempurna dan kontinyu. 

Pakan komplemen yang kaya protein mirip jangkrik menjadi hidangan harus yang selalu ada setiap hari. Makin tinggi kadar protein yang dikonsumsinya, makin mantap pula huruf burung tersebut. keadaan itulah yang sanggup memicu birahinya sehingga burung menjadi lebih rajin bunyi dan akan mempunyai sifat lebih berangasan daripada biasanya.

Cara menyiapkan kacer biar menjadi burung yang lebih siap saat dilombakan:
  1. Pagi dan sore hari, kacer hanya diberikan jangkrik sebanyak 2 ekor saja. Pemberian jangkrik yang sedikit ini sengaja dilakukan biar burung tidak terlalu berangasan dan membuang energinya untuk sesuatu yang tidak penting. Contohnya berkicau pada siang hari, atau menjadi galak pada burung lain maupun pemiliknya karena terlalu birahi.
  2. Pemberian jangkrik yang sedikit tentu tidak dianjurkan bagi Anda yang memelihara kacer sebagai burung rumahan. Jika ingin mempunyai kacer yang rajin suara setiap harinya, dukungan jangkrik minimal 5 ekor pada pagi dan sore harinya.
  3. Porsi kroto 1 sendok teh, dan diberikan selama 1-2 kali seminggu. Kroto bermanfaat sebagai komplemen energi untuk mendongkrak stamina burung.
  4. Sehari menjelang lomba ( H-1) atau sore hari menjelang matahari terbenam, kacer diberi jangkrik dengan porsi  lebih dari 10 ekor. Beberapa penggemar bahkan memperlihatkan jangkrik sampai 50 ekor biar burung tampil lebih maksimal keesokan harinya.
  5. setelah itu, burung ditutup kerodong dan dibiarkan beristirahat. Tapi malam harinya, kacer diberikan mandi malam untuk mencegah OB dikala akan dilombakan.
Adapun perawatan lain sebelum burung digantang tergantung dari huruf burungnya. Ada kacer yang tetap ditutup kerodong dan gres dibuka dikala mau digantang, ada pula yang memperlihatkan pisang dan 1 ekor jangkrik, serta ada juga yang dicas sesama penerima atau dengan kacer betina. Sekali lagi, semuanya tergantung huruf burung.
Jaga birahi mereka tetap stabil, terutama selama 6  hari sebelum dilombakan untuk meredam emosi dan biar burung tidak terlalu banyak mengeluarkan energinya. Burung gres dibentuk birahi menjelang saat-saat akan dilombakan, yang biasanya dilakukan pada H-1.
semoga bermanfaat
disunting dari omkicau.com

0 Response to "5 Tips Jitu Pengaturan Pakan, Mengakibatkan Kacer Siap Beradu Lawan Dilomba"

Total Pageviews