Latest News

Melatih Pleci Mau Mengeluarkan Bunyi Isian Ketika Lomba Dengan 3 Cara


Saat lomba biasanya pleci-pleci yang juara mempunyai kicau yang rajin bunyi, banyak cincong dan sering mengeluarkan suara-suara isian. Nah bagaimana caranya biar burung pleci mengeluarkan bunyi isian alasannya terkadang secara normal biasanya burung pleci hanya mengeluarkan bunyi aslinya saja.
supaya pleci mengeluarkan bunyi isian ada beberapa metode yang biasa diterapkan pada pleci . Mulai dari rawatan pleci, pemilihan bunyi masteran, bahkan saat pemilihan pleci harus diperhatikan juga.
Berikut ini beberapa cara biar pleci mengeluarkan bunyi isiannya. 

Pelihara Pleci dari Anakan/trotolan

Ini sih teori saya, kalo mau diterapkan silahkan hehehe. Pleci yang dipelihara dari trotolan/anakan (belum dapat berkicau) kemudian kita perdengarkan terus dengan bunyi burung masteran atau kita gandeng terus dengan burung masteran yang berdasarkan kita cocok dengan abjad plecinya. Sebisa mungkin jangan diperdengarkan bunyi pleci hingga bunyi isiannya keluar. 
Lama kelamaan pleci kita akan lebih familiar dengan bunyi burung masterannya (suara isian) sehingga akan sering mengeluarkan bunyi isiannya, tidak sama dengan pleci yang dipelihara dari besar kemudian di master, maka kemungkinan besar walau dapat menirukan bunyi isianya tapi tidak terlalu sering keluar isiannya. Ga semuanya gitu ya alasannya abjad pleci beda-beda, tapi apa salahnya dicoba dan lihat hasilnya.

Pemasteran Pleci

Pilihlah bunyi masteran yang pas dengan abjad pleci anda. Ada pleci yang bertipe ngeroll ada yang bertipe ngalas. Jika pleci bertipe ngeroll pilihlah bunyi masteran yang karakternya ngeroll misal bunyi kenari, kolibri, atau blackthroat. Jika pleci teman-teman bertipe ngalas, lakukan pemasteran dengan menggunakan bunyi burung kacer, tledekan, cucak ijo atau murai atau yang setipe dengannya. Lakukan pemasteran secara rutin

Jemur Pleci dan Umbar

Untuk mengeluarkan suara isiannya burung pleci membutuhkan nafas yang cukup panjang dan kuat, alasannya intinya suaranya bukan bunyi original. supaya pleci mempunyai nafas yang besar lengan berkuasa dan panjang perawatan mirip pengeringan dan pengumbaran sangat dibutuhkan untuk menciptakan nafas pleci lebih panjang dan kuat.

semoga bermanfaat
disunting ulang dari https://www.binatangpeliharaan.org

0 Response to "Melatih Pleci Mau Mengeluarkan Bunyi Isian Ketika Lomba Dengan 3 Cara"

Total Pageviews