Latest News

5 Cara Mendongkrak Stamina Burung Cucak Ijo Biar Tak Simpel K3nd0r Dilapangan


Stamina burung cucak ijo yang menurun akan menciptakan sikap burung juga praktis berubah. Perubahan yang umum terjadi antara lain ngebalon serta berdiam diri / ngeriwik saja di dasar sangka.
keadaan ini juga kerap dijumpai saat cucak ijo sedang dilombakan. Cucak ijo yang kurang stamina akan praktis kendor, meski pada awalnya tampil penuh semangat. Selain contoh perawatan harian yang kurang tepat, hal ini juga bisa terjadi akhir cucak ijo tidak mendapatkan nutrisi sesuai yang dibutuhkannya.
Berikut ini beberapa cara mendongkrak stamina burung cucak ijo biar tidak praktis kendor.

1. Lakukan pengembunan secara rutin

Pengembunan secara rutin sanggup membantu menjaga serta meningkatkan stamina burung cucak ijo, sehingga tampil lebih maksimal. Dengan begitu, burung tidak praktis kendor saat berlomba.
Pengembunan bisa dilakukan dengan cara mengeluarkan burung pada pagi-pagi hari sekali, atau saat fajar (sebelum matahari terbit). Jika masih ditutup kerodong, sebaiknya kerodong jangan dibuka dulu selama beberapa menit, biar cucak ijo bisa mengikuti keadaan dengan suhu yang dingin.

2. Mandi air dan sinar matahari pagi

Begitu matahari mulai terbit, segera mandikan burung dengan cara disemprot menggunakan hand sprayer. Bisa juga dimandikan dalam karamba. Mandikan burung di bawah pancaran sinar matahari yang masih hangat.
Usai mandi, biarkan burung merapikan bulu-bulunya / didis di bawah sinar matahari pagi selama beberapa menit. setelah itu, angkat voer dan pakan buahnya, kemudian jemur kembali selama 30-60 menit.

3. Berikan pakan bergizi

Untuk mendongkrak stamina burung cucak ijo biar selalu aktif dan bersemangat sepanjang hari, kebutuhan pakan harus selalu diperhatikan. Untuk burung yang terbiasa makan voer, berikan voer dengan kandungan gizi lengkap.
Beberapa jenis buah yang bisa membantu mendongkrak stamina burung cucak ijo antara lain:
  • Pisang kepok warna putih
  • Melon
  • Apel merah
  • Buah ceri / kersen
Adapun jenis serangga yang umum diberikan untuk mendongkrak stamina burung cucak ijo antara lain:
  • Ulat jerman / hongkong
  • Jangkrik atau belalang
  • Ulat bambu (diberikan 2-3 hari sekal).
Selain buah dan seranggan, Anda juga sanggup mengolah sendiri pakan yang bisa membantu mendongkrak stamina burung cucak ijo. Misalnya mencampurkan kroto dengan parutan apel merah, kemudian diberikan dua hari sekali.
Anda juga bisa memperlihatkan nektar / air gula setiap dua hari sekali, yang bermanfaat untuk memulihkan energi serta mendongkrak stamina burung ijo secara cepat.

4. Pengumbaran secara berkala

Burung cucak ijo bisa diumbar seminggu sekali. Kebiasaan ini bisa membantu menjaga keadaan fisik dan staminanya. Lakukan pengumbaran hanya pada pagi hari saja, ialah saat burung akan dijemur atau tamat dimandikan.

5. Sediakan multivitamin

Menyediakan multivitamin bisa membantu menjaga dan mendongkrak stamina burung cucak ijo biar tak praktis kendor. 
Itulah tips singkat mengenai cara mendongkrak stamina cucak ijo biar tidak praktis kendor. Dengan menerapkan setelan / contoh rawatan mirip di atas, burung bisa tampil lebih maksimal dan tidak praktis kendor.
semoga bemanfaat
disunting dari www.omkicau.com

0 Response to "5 Cara Mendongkrak Stamina Burung Cucak Ijo Biar Tak Simpel K3nd0r Dilapangan"

Total Pageviews