Latest News

Ubah Cara Mandi Jelang Lomba, Dalam 6 Bulan Lb Paud Ini Meraih Lebih Dari 50 Trofi. Simak Rawatan Lengkapnya


Saat pertama kali digantang, gayanya hanya bolak-balik badan, sambil ngekek panjang, tapi tetap nagen (stabil di tempat). Ini yang menciptakan Om Donie terpesona. Gaya tersebut merupakan ciri khas lovebird fighter.

Lovebird Artis diperolehnya dalam suatu even latberan di Todanan. Penampilan Artis sekilas mirip dengan lovebird Oktavia, gaco lain milik Om Donie. Umurnya waktu itu masih 4 bulan, atau kalau kini termasuk kategori balibu / paud.

Pemilik usang merupakan teman dekat Om Donie. “Sebenarnya ia berat untuk melepasnya. Tapi sebab saya memintanya terus-menerus, balasannya diberikan juga dengan harga bersahabat,” dongeng Om Donie.

Adapun prestasi LB Artis yang membanggakan Om Donie yaitu Kradenan Cup, Kartini Cup, Dandim Cup Semarang, dan All Star Purwodadi. Saat mengikuti salah satu sesi dalam even Kartini Cup, lovebird Artis belum putus ngekek, meski sudah ada pergantian juri yang menilai.

Hebatnya lagi, selama lima bulan mengikuti even dengan sistem evaluasi RI, belum pernah ada lovebird yang bisa mengalahkan perolehan bendera poin yang diraih Artis.

Tidak heran kalau banyak pemain yang ingin meminang lovebird Artis, baik secara pribadi maupun lewat akun BBM Om Donie. Penawaran tertinggi sejauh ini mencapai Rp 17 juta. Namun hal itu tidak menciptakan Om Donie terburu-buru untuk melepas lovebird kesayangan anaknya.

Rawatan Harian dan Lomba LB artis

Mengenai cara merawat lovebird Artis, Om Donie menyampaikan biasa-biasa saja. Dia membaginya dalam dua tahapan, yakni perawatan harian (Senin – Rabu) dan setelan lomba / perawatan jelang lomba (Kamis – Minggu).

1. Perawatan harian (Senin-Rabu)

Untuk perawatan harian, lovebird Artis cukup diberi milet putih dan pakan lovebird merek tertentu. Di rumah, burung ini dibiarkan dalam kandang tanpa kerodong. Air minum juga hanya diambilkan dari keran biasa.
Yang unik dalam perawatan lovebird Artis yaitu cara mandinya. Burung ini rutin dimandikan dalam kolam mandi yang ada di toilet, setiap sore sekitar pukul 16.00. Artis dibiarkan berenang sepuasnya.
 Gaya tersebut merupakan ciri khas lovebird fighter Ubah cara mandi jelang lomba, dalam 6 bulan LB paud ini meraih lebih dari 50 trofi. Simak rawatan lengkapnya

2. Perawatan lomba (Kamis-Minggu)

Namun semenjak H-3 (Kamis), jadwal mandinya diubah menjadi malam, sekitar pukul 19.00-19.15, meski tetap di kolam mandi toilet. “Sengaja saya mandikan malam hari, karena Artis termasuk lovebird jantan yang birahinya sering tinggi. Dengan mandi malam, birahinya bisa diredam,” terperinci Om Donie
Apabila keadaan cuaca sangat panas, lovebird Artis sering pula dimandikan di luar jadwal, sebab burung ini tidak betah dalam udara panas.
Adapun pakan yang diberikan selama dipersiapkan menghadapi lomba (H-3 s/d H-1) masih sama mirip harian, yakni milet putih dan pakan lovebird merek tertentu.
Pada hari lomba (Minggu), lovebird Artis dimandikan dulu sekitar 4-5 sesi sebelum naik gantang. setelah itu dijemur kering, sambil menunggu saatnya naik gantang. Pakan masih sama mirip harian.
Dengan perawatan sederhana inilah, lovebird Artis terus mengukir prestasi. Bahkan semenjak umur 5 bulan, burung ini rajin mengikuti setiap even yang diadakan Radjawali Indonesia (RI) DPC Purwodadi.

semoga menginspirasi
disunting dari www.omkicau.com


0 Response to "Ubah Cara Mandi Jelang Lomba, Dalam 6 Bulan Lb Paud Ini Meraih Lebih Dari 50 Trofi. Simak Rawatan Lengkapnya"

Total Pageviews