Latest News

Terapi Mandi Es Menciptakan Cucak Ijo Ngentrok Dan Jambul Di Lapangan


Ada kalanya, burung cucak ijo saat ditrek atau dilombakan kurang ngentrok dan jambul. Bahkan dalam beberapa kasus, meskipun burung cucak ijo rajin bunyi dan nembak-nembak di lapangan, namun adakala tidak ngentrok dan jambul sama sekali.


Jika ada masalah burung cucak ijo yang kurang jambul dan ngentrok saat digantang mirip ini, sudah niscaya itu alasannya ialah duduk kasus birahi yang kurang pas. Karenanya, beberapa tips berikut ini mungkin dapat membantu Anda.

Terapi mandi air es
Untuk mengatasi burung cucak ijo yang tidak full ngentrok dan jambul, terapi air es dapat dilakukan. Caranya ialah pada pagi hari sekitar jam 8-9, burung cucak ijo dapat dimandikan dengan air es ini dengan menggunakan semprotan. Sebab, jikalau menggunakan keramba, sudah niscaya burung enggan mandi alasannya ialah sangat dingin.

Mandi air es ini tidak dilakukan setiap hari namun hanya dua kali dalam seminggu. Dan pastikan, air es ini harus dicampur dengan air biasa sebelumnya sehingga air tidak benar-benar sangat dingin. Adapun jikalau dilakukan perbandingan, banyaknya dosis air es dengan air biasa ialah 50:50 %.

Jika air es terlalu banyak, dapat berisiko burung sangat kedinginan. Sedangkan jikalau air es terlalu sedikit, terapi yang Anda lakukan kurang maksimal. Karenanya, Anda harus melaksanakan dosis mirip di atas supaya terapi yang Anda lakukan sangat efektif.

Mandi air es lagi sebelum digantang
Mandi air es tidak hanya dilakukan dengan teknik di atas (baca: dua kali seminggu). Sebelum digantang, burung cucak ijo yang kurang ngentrok dan jambul ini juga harus dimandikan menggunakan air es. Adapun waktu yang paling direkomendasikan ialah saat malam hari menjelang lomba. Jika Anda hendak melombakan cucak ijo ini pada hari minggu, maka mandi air es ini dilakukan pada malam minggu. 

Berbeda dengan teknik di atas, mandi air es pada malam hari menjelang lomba dilakukan hanya sebatas bulu burung berair saja. Sebab, malam hari ialah waktu di mana cuaca biasanya sangat dingin. Jika hingga burung cucak ijo dimandikan air es hingga lepek, hal ini sangat berisiko pada kesehatan burung. Bahkan burung juga berisiko gembos esok harinya di lapangan.

Embunkan sebelum digantang
setelah malam harinya burung cucak ijo dimandikan menggunakan air es, maka pada pagi hari menjelang lomba, burung ini harus diembunkan. Pengembunan yang ideal dimulai sesudah habis subuh, atau saat fajar mulai muncul.

Selama diembunkan, biarkan burung menikmati kehangatan cuaca pagi hingga terbit matahari. setelah itu, burung dapat eksklusif diangkat dari pengembunan. Selanjutnya berikan jangkrik sesuai setelan lomba kemudian kerodong dan masukkan ke dalam rumah untuk disiapkan lomba.

Dengan teknik ini, diperlukan burung Anda tidak hanya rajin bunyi namun juga dapat tampil memesona dengan gaya ngentrok dan jambulnya yang full alias maksimal.

semoga bermanfaat

disunting dari http://www.tipsburung.com

0 Response to "Terapi Mandi Es Menciptakan Cucak Ijo Ngentrok Dan Jambul Di Lapangan"

Total Pageviews