Latest News

5 Faktor Pemicu Dan Solusi Cucak Ijo Yang Tiba-Tiba Ganas Dan Berprilaku Liar


Dalam beberapa kasus, sifat manja yang tak segera diantisipasi dapat memunculkan sikap “mendadak galak“. Saat itu, cucak hijau terlihat garang, dengan kepala ngejambul, atau terkadang dengan gaya ngentrok, sambil mengejar-ngejar pemiliknya. Akibatnya, burung sering menabrak jeruji sangkar (ngeruji). Jika kita memasukkan tangan ke dalam sangkar, cucak hijau yang “mendadak galak” akan eksklusif mematuki tangan kita dengan liar.
Apa yang menimbulkan cucak hijau berperilaku demikian? Salah satu sebabnya yaitu lantaran burung terlalu manja, ditambah kondisinya yang OB. Suatu keti,a burung ibarat “tersadar” dan berperilaku normal, namun kemudian kembali lagi dengan sifat manjanya.
Berikut ini, beberapa faktor pemicu yang sering menimbulkan cucak hijau berperilaku “mendadak ganas” :
  • Burung yang manja atau terlalu manja.
  • Burung yang keadaan birahinya berlebihan (OB)
  • Pemilik karang, lalai, atau tidak teratur dalam menunjukkan buah-buahan (misalnya pisang kepok).
  • Pemilik jarang, lalai, atau tidak pernah menunjukkan pengeringan secara cukup.
  • Pemilik sering mengganti merek dan / atau warna voer. Perlu diingat, sebagian pemilik tidak pernah menunjukkan voer kepada cucak hijau.
Dari beberapa faktor pemicu di atas, yang paling sering terjadi yaitu burung terlalu manja. Hal ini biasanya lantaran burung yang sering digoda atau dipancing untuk berkicau, contohnya melalui siulan atau cetrekan. Jika terjadi pada burung lomba, hal ini biasanya akhir OB.
TIPS MENGATASI CUCAK HIJAU YANG TERLALU MANJA
1. Ganti buah yang diberikan
Dalam terapi ini, pinjaman buah pisang dapat dilarang sementara, diganti dengan pepaya selama beberapa hari (misalnya 3 – 4 hari).
Pada masa terapi ini, hindari memancing-mancing burung yang hanya membuatnya makin manja. Misalnya bersiul di hadapannya, atau memainkan tangan di depan sangkarnya.
2. Stop pinjaman jangkrik 
Saat menjalankan terapi pinjaman buah pepaya, Anda juga dapat menyetop sementara pinjaman jangkrik. Extra fooding (EF) ini dapat diberikan lagi saat keadaan burung sudah pulih.
3. Burung disendirikan
Gantung burung di lokasi yang hening dan jauh dari keberadaan burung lain, yang dapat saja memicu keadaan di atas.
4. Memberi terapi kejut
Biasanya burung manja akan mengembungkan tubuh dan memeletkan lidahnya begitu melihat pemiliknya menghampirinya. Pada dikala itu, kita dapat menunjukkan terapi kejut dengan menepuk sangkarnya (tapi jangan  terlalu kencang), setiap kali burung memeletkan lidahnya didepan kita.
5. Penjemuran secara cukup
Burung yang terlalu jinak, jikalau tidak pernah diberikan pengeringan secara cukup, akan menciptakan mereka lebih sering mengambarkan sifat manjanya dengan cara-cara yang sudah disebutkan di atas.
Biasakan untuk menjemur burung pada pagi hari selama 2-3 jam. Biasanya burung yang jarang dijemur akan eksklusif “mandi matahari” dengan memiringkan tubuh dan mengangkat sebelah sayapnya.
6. Terapi sangkar umbaran
Jika mempunyai sangkar umbaran, Anda dapat memasukkan cucak hijau bermasalah ke dalam sangkar tersebut. Hal ini dapat dilakukan setiap hari selama masa perawatan. Bisa juga hanya dimasukkan dalam sangkar umbar setiap sore, dengan durasi 1-2 jam saja.
7. Berikan mandi rutin
Mandi secara rutin sangat diharapkan untuk menenangkan burung yang sedang OB. Cucak hijau yang OB lantaran terlalu manja dapat dimandikan dalam karamba atau kolam mandinya dimasukkan ke dalam sangkar. Jangan memandikannya dengan cara disemprot menggunakan sprayer.
Itulah beberapa metode yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi cucak hijau yang terlalu manja. Semoga dapat bermanfaat bagi para ijo mania di manapun berada
disunting ulang dari
omkicau.com

0 Response to "5 Faktor Pemicu Dan Solusi Cucak Ijo Yang Tiba-Tiba Ganas Dan Berprilaku Liar"

Total Pageviews