Latest News

Settingannya Sederhana Tanpa Doping, Cucak Ijo Ini Berkali Hattrick Dilomba. Intip Diam-Diam Hariannya


Grojokan Sewu (GS) punya aksara bagus. Selain stabil, cara membawakan lagu nyaris sempurna. dengan roll-speed-tembak. “Karakter GS itu benar-benar pembawaan aslinya, bukan hasil otak-atik kami sebagai perawat,” ujar Om Udin.

Dalam percakapan dengan omkicau.com, Om Eric yang juga ketua Pelestari Burung Indonesia (PBI) Cabang Lumajang menjelaskan, cucak hijau Grojokan Sewu diperolehnya pada 20 Agustus 2016.

“Waktu itu Sanders77 kekurangan amunisi untuk mengikuti lomba-lomba di luar kota. Om Eric kemudian meminta kiermaster andalannya, Om Udinnese Juve, untuk memantau burung apa saja yang sekiranya sanggup tampil stabil dalam even-even di luar Kota Lumajang. setelah menerima persetujan Om Eric, termasuk semua kru Sanders77, akibatnya cucak ijo Grojokan Sewu dipinang  dengan harga Rp 20 juta.

Sejak di tangan Om Eric Sanders, burung ini makin sering menjadi juara. Bahkan ada yang menyebut Grojokan Sewu sebagai the legend of cucak ijo. Dalam setahun terakhir ini saja, cucak hijau GS sudah mengoleksi lebih dari 100 trofi kemenangan.
“Bahkan GS sudah sering mencetak double winner maupun hattrick. Saya tidak hafal persis, apalagi banyak piagam yang tidak sempat aku simpan,” kata Om Eric.

Tips perawatan cucak ijo Grojokan Sewu

Berikut ini tips perawatan cucak ijo Grojokan Sewu yang diterapkan Om Udin. Hebatnya, tidak ada perbedaan signifikan antara perawatan harian dan setelan jelang lomba:
  • Setiap pagi, sangkar dibersihkan dari debu dan kotoran burung, termasuk dilap dengan kain.
  • Burung mandi dua kali seminggu (Senin dan Jumat) di sangkar umbaran.
  • Penjemuran juga hanya dua kali seminggu, Selasa dan Rabu, selama 1 – 2 jam (mulai pukul 08.00), tergantung cuaca.
  • Pakan berupa pisang kepok yang diganti setiap hari.
  • Buah pepaya diberikan sesekali, terutama saat GS selama 2 ahad tidak turun lapangan.
  • Extra fooding (EF) jangkrik diberikan sesuai dengan keadaan burung.
  • Jika keadaan normal, porsi jangkrik 3/2 (pagi/sore). Jika birahi, porsi jangkrik diturunkan 1/2. Kalau OB cukup 1 ekor saja di pagi hari. Sabtu, jangkrik diberikan semaunya burung.
  • Siang hari, sangkar dalam keadaan tidak ditutup kerodong. Malam hari full kerodong
  • GS tidak pernah menggunakan obat-obatan. Jika kondisinya lesu, burung hanya diberi madu asli.
  • Masteran di rumah menggunakan burung hidup, adalah murai air, kenari, dan lovebird. Kalau di lapangan menggunakan perangkat audio mp3 dengan bahan lagu yang sama.

Menurut Om Udin, tips perawatan yang diterapkan pada cucak hijau Grojokan Sewu ini diubahsuaikan dengan aksara dan keadaan burung,



“Nggak sanggup merawat burung hanya cukup diberi makan, kemudian ditinggal begitu saja. Kita harus tahu polanya. Satu lagi, saat keadaan burung drop, jangan dipaksakan ikut berlomba, alasannya hasilnya tidak akan maksimal,” pesan Om Udin.

Berkat prestasinya yang terus menanjak, banyak pemain yang berusaha meminang GS. Penawaran tertinggi sejauh ini sudah menembus angka Rp 250 juta.
“Namun aku masih belum membuka harga, alasannya belum kepikiran untuk melepasnya. Selain masih sayang, biarlah GS dimainkan belum dewasa Sanders77,” tandas Om Eric Sanders. 
salah satu agresi GS


semoga menginspirasi

disunting dari www.omkicau.com

0 Response to "Settingannya Sederhana Tanpa Doping, Cucak Ijo Ini Berkali Hattrick Dilomba. Intip Diam-Diam Hariannya"

Total Pageviews