Latest News

Lovebird Mau Ngekek Tapi Suka Naik Turun Tangkringan Saat Lomba? Pakai Cara Ini Untuk Mengatasinya


Bagi kalangan pemain, melombakan lovebird menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, lovebird bukan burung teritorial / fighter sebagaimana murai kerikil atau kacer, melainkan burung sosial yang relatif rukun bila berdampingan dengan burung sejenis.

Lovebird yang bisa tampil maksimal di lapangan menjadi dambaan para pemain. Problem yang kerap muncul di lapangan ialah lovebird tak betah di tangkringan. Dia sering naik turun tangkringan alias ngelantai. Berikut ini beberapa cara mengatasi lovebird yang sering naik turun tangkringan.

Bahkan kita kerap menyaksikan di lapangan, banyak lovebird yang sering naik turun tangkringan. Tidak sedikit pula di antara mereka yang hanya mau bermain di dasar kandang alias ngelantai / nebok saat dilombakan.
Dibutuhkan beberapa penanganan khusus untuk mengurangi kebiasaan tersebut. Nah, sebagai panduan, berikut ini beberapa cara mengatasi lovebird yang sering naik turun tangkringan alias ngelantai.

1. Lakukan terapi mandi

Memandikan lovebird menjadi salah satu solusi cukup jitu untuk mengatasi sikap burung yang sering naik turun tangkringan. Ada beberapa cara memandikan lovebird untuk meredam / mengurangi kebiasaan tersebut, yaitu:
  • Memandikan lovebird dengan cara dipegang, kemudian diusap-usap dengan air pada tubuhnya secara perlahan.
  • Memandikan lovebird mirip mandi air hujan, yakni menggunakan selang air / air kran dengan semprotan yang halus / lembut.
  • Memandikan lovebird setiap sore / malam hari, dengan cara menyemprot bab dadanya hingga sedikit basah. setelah itu sangkarnya ditutup kerodong penuh.

2. Berikan aksesoris di dasar sangkar

Kebiasaan lovebird yang sering naik turun tangkringan saat dilombakan bisa dicegah dengan menambah asesoris di dasar sangkar. Aksesoris itu bisa menciptakan lovebird enggan turun ke lantai, namun tak membuatnya stres / ketakutan.
Ada beberapa aksesoris yang bisa digunakan, mulai dari bola-bola plastik beraneka warna hingga menyebar rumput di dasar sangkar

3. Ganti tangkringannya

Solusi lain yang biasa dilakukan para pemain ialah mengganti tangkringannya. Tangkringan baru harus mempunyai diameter sesuai dengan cengkeraman kaki lovebird, serta bertekstur berangasan / tidak licin. Dengan demikian, burung akan merasa lebih nyaman dan tidak gampang gelisah saat berada di tangkringan, terutama saat berlomba.
Itulah tips dan triks dalam mengatasi lovebird yang sering naik turun tangkringan alias ngelantai. Selamat mencoba!
semoga bermanfaat
disunting dari www.omkicau.com


0 Response to "Lovebird Mau Ngekek Tapi Suka Naik Turun Tangkringan Saat Lomba? Pakai Cara Ini Untuk Mengatasinya"

Total Pageviews