Latest News

Cara Merawat Anis Merah Trotolan Biar Cepat Ngeplong

 Meski kelas burung anis merah dalam banyak sekali persaingan yang semakin sepi Cara Merawat Anis Merah Trotolan Agar Cepat Ngeplong

Meski kelas burung anis merah dalam banyak sekali persaingan yang semakin sepi, tidak berarti burung yang sudah terkenal di penghujung tahun 1990an telah ditinggalkan kicaumania. Masih banyak penggemar burung anis merah. Bahkan tak sedikit dari mereka yang berhasil mengangkarnya, selain lebih cepat mengikuti keadaan dengan lingkungan baru, gampang dijinakkan, dan lebih gampang dalam perawatan sehari-hari, membeli burung penangkaran berarti membantu peternak dalam menyebarkan bisnis mereka, serta menekan laju perdagangan burung yang ditangkap dari alam. Untuk burung anis merah trotolan biar bunyi ngeplong bunga cepat, maka perawatan sehari-hari harus dilakukan dengan tepat.  Dengan mengamati kebiasaan makannya sementara di alam liar, kicaumania bisa menggabungkannya dalam perawatan sehari-hari.

Seperti diketahui, burung anis merah di alam liar sering menemukan pakan dalam bentuk cacing tanah, burung anis merah yang dipelihara di sangkar umumnya diberi masakan embel-embel (EF) berupa jangkrik dan kroto. Untuk hasil maksimal perawatan ini harus memperhatikan teladan perawatan lainnya ibarat mandi, pejemuran dan pemasteran. Kombinasi dari perawatan ini bisa menghasilkan burung anis merah yang benar-benar lincah, cerdas, dan rajin berkicau.

Berikut ini yaitu cara memberi makan burung anis merah :
1. Kroto segar higienis diberikan setiap pagi dan sore hari secukupnya.
2. Penyajian kangkrik 2-3 ekor diberikan sesudah burung tersebut dimandikan.
3. Sebelum di jemur burung diberi cacing tanah kecil yang telah dipotong kecil-kecil. Jenis cacing yang dipakai harus ibarat yang dijual di banyak toko pakan burung. Kicaumania menyebut cacing plungker .
4. Buah-buahan hanya diberikan sebagai pakan embel-embel untuk melengkapi nutrisi.

Bentuk pengobatan yang juga harus menerima perhatian yaitu sebagai berikut:
1. pengembunan dilakukan pagi-pagi sekali terutama dikala fajar.
2. Rajin memandikan burung meski hanya sebatas penyemprotan dengan mempertimbangkan faktor suhu dan cuaca.
3. Penjemuran tidak terlalu berlebihan dengan durasi kurang dari 1 jam.
4. Pemasteran dilakukan di pagi hari sesudah penjemuran, dan pada siang hari dikala burung tersebut sedang beristirahat.
5. Penyediaan multivitamin ibarat BirdVit sangat diperlukan untuk menjaga biar kondisi burung anis merah biar tetap sehat dan aktif.

Pemberian pakan mempunyai banyak manfaat terutama untuk membantu pertumbuhannya sehingga burung anis merah trotolan lebih cerdas dan bisa menguasai suaranya dengan cepat masterannya. Cara mandi bisa disemprot dengan lancar dengan semprotan tangan, tapi perhatikan juga kondisi suhu dan cuaca dikala itu.

Setelah burung anis merah trotolan mulai bergairah dan bisa terbang mondar-mandir, kita bisa memandikannya di karamba. Jika sulit memancing burung ke dalam karamba, kita bisa memegangnya kemudian letakkan burung itu ke dalam karamba. Hal lain yang penting dalam perawatan burung anis merah trotolan  dengan memperlihatkan waktu istirahat yang cukup. Hal ini bisa dilakukan dengan memberi kerodong penuh di malam hari. Pengkerodongan bisa menciptakan burung lebih kekal staminanya, dan terhindar dari gangguan serangga dan gigitan nyamuk.

Dengan melaksanakan perawatan rutin ini, maka burung anis merah trotolan akan menjadi lebih gesit, aktif, dan lebih rajin berbunyi dengan bunyi ngeplong. Jika sudah demikian, tahap ngerol sudah satu langkah lagi.

0 Response to "Cara Merawat Anis Merah Trotolan Biar Cepat Ngeplong"

Total Pageviews